Arti Dari Istilah Hikikomori Dan Neet

Arti Dari Istilah Hikikomori Dan Neet - Dengan dunia ini yang semakin canggih, banyak kelebihan serta kekurangan dari perkembangan teknologi, nah salah satu sisi buruknya yaitu timbulnya masalah sosial atau biasa disebut Hikikomori/Neet. Bahkan fenomena satu ini sepertinya sudah bertambah banyak akhir-akhir ini.

Sebenarnya Hikikomori dan Neet mempunyai perbedaan tersendiri, tidak banyak orang yang tau akan hal tersebut karena mereka hanya menyimpulkan bahwa seorang penyendiri/anti sosial akan dijuluki Hikikomori/Neet.

Jadi disini saya akan menjelaskan apa perbedaan dari kedua arti kata tersebut (Hikikomori dan Neet)

Hikikomori

Hikikomori (ひきこもり or 引き籠り) Berasal dari bahasa Jepang yang mempunyai arti mengurung diri, seseorang yang sudah cukup umur yang mengurung diri dan menjadi anti-sosial yang benar-benar sudah dalam tingkat ekstrim sampai mengisolasi dan mengurung diri sendiri hingga benar-benar tidak pernah keluar kamar.

Baru-baru ini seorang peneliti mengindentifikasi  tentang ciri-ciri serta kriteria dari seorang Hikikomori :
  1. Menghabiskan Hari-harinya dengan mengurung diri di dalam kamar.
  2. Tidak mau untuk bersosialisasi dan selalu menjauhkan diri dari hal-hal yang berbau sosial.
  3. Mengurung diri hingga 6 bulan lebih.

Itulah penjelasan dari ciri-ciri seorang Hikikomori yang tentunya gejala tersebut sangatlah mengkhawatirkan karena seorang Hikikomori hanyalah seorang yang hidup dengan bermalas-malasan layaknya seorang parasit yang akan merugikan orang lain.

NEET

NEET merupakan singkatan dari (Not Employment, Education, or Training) atau bisa disebut juga dengan seorang penggangguran. Biasanya seorang NEET mempunyai sebuah trauma yang membuatnya tidak ingin bekerja kembali dan akhirnya malah menjadi seorang pengangguran.

Penyebab Terjadinya Hikikomori dan Neet :
  1. Biasanya terdapat sebuah masalah secara sosial ataupun trauma sehingga membuat mereka menyerah dan lebih memilih untuk mengurung diri.
  2. Dengan teknologi yang semakin canggih tentunya akan membuat seseorang yang mengurung diri di dalam kamar seperti mempunyai dunia mereka sendiri.
  3. Terlalu dimanja, dan karena mereka mulai merasa nyaman dengan keadaan tersebut yang mengakibatkan seseorang tersebut menjadi malas dan menyebabkan mereka mulai berfikir untuk mengurung diri karena keadaan yang menjadi nyaman.
 
Tips untuk menghilangkan kebiasaan Hikikomori :
  1. Jangan terlalu sering bermain solo :D cobalah untuk bermain bersama teman-teman kalian.
  2. Hentikan kebiasaan malas seperti tidur sepanjang waktu, jadi cobalah melakukan aktivitas di luar kamar.
  3. Cobalah mencari hobi yang positif seperti hobi yang berhubungan dengan olahraga.

Jadi apa kalian sudah mengerti dari kedua arti kata tersebut ?, jangan sampai kalian menjadi salah satu orang yang tidak bersosialisasi atau bahkan mengurung diri dari dunia luar, karena hal tersebut tidak ada manfaatnya malah hanya akan menyusahkan orang lain terutama orang tua yang akan kerepotan karena ulah kalian.

0 Response to "Arti Dari Istilah Hikikomori Dan Neet"

Post a Comment

✔ Silahkan Berikan Komentar Anda Setelah Membaca Artikel di Atas
✖ No Live Link
✖ No Promotion

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel